10 Cara Mudah Mengatasi Insomnia Dengan Cepat

Cara Mudah Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan sebuah penyakit gangguan tidur yang menyebabkan seseorang susah tidur dan terus terjaga. Selain itu, insomnia juga dapat menyebabkan pikiran menjadi gelisah dan susah konsentrasi.


Orang yang menderita insomnia juga rentan terkena serangan penyakit. Insomnia sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Insomnia temporer, Insomnia akut, dan Insomnia kritis.

Insomnia Temporer
Insomnia jenis ini biasanya memiliki gejala yang biasanya cukup singkat, yakni hanya sekitar satu minggu saja. Pada umumnya insomnia temporer disebabkan karena sikap stres.

Insomnia Akut
Untuk insomnia akut sendiri memiliki gejala yang berjalan agak lama, yakni sekitar kurang lebih satu bulan atau bahkan lebih. Penderita insomnia akut akan sangat susah untuk tidur, walaupun sudah tidur, tapi hanya beberapa saat saja dan akan terbangun kembali.

Insomnia Kritis
Insomnia kritis merupakan jenis insomnia yang sangat parah sesuai namanya. Penderitanya akan sangat susah tidur. Dengan gejala yang berjalan satu bulan atau lebih. Seseorang yang menderita insomnia kritis biasanya mengalami halusinasi berat, dan terkadang melihat hal-hal aneh.


Penyebab Terjadinya Insomnia

Insomnia sendiri terjadi karena dipicu beberapa penyebab seperti cemas atau stres yang berlebihan, tidur dengan tidak teratur, suasana tidur yang kurang nyaman, dan memiliki gaya hidup yang kurang aktif. Bagi anda para penderita insomnia, sebaiknya segera untuk mengatasi insomnia yang anda derita.


Cara Mengatasi Insomnia

Untuk mengatasi insomnia, penderitanya disarankan untuk segera memeriksakan diri kedokter. Atau anda dapat mencoba cara yang cukup mudah dan efisien.

1. Kegiatan Pengantar Tidur
Yang pertama dan paling mudah adalah anda dapat melakukan hal yang dapat membuat anda mengantuk seperti membaca buku, mendengarkan musik dengan tempo yang lambat, dan mandi air hangat.

2. Ciptakan Kondisi Tidur Yang Nyaman
Yang dimaksud dengan kondisi tidur yang baik adalah memilih penerangan yang tidak terlalu terang dan memiliki suhu ruangan yang sejuk dan tidak membuat gerah.

3. Jadwal Tidur Teratur
Sebisa mungkin anda tidur dan bangun diwaktu yang sama tiap hari. Agar tubuh anda dapat menyelaraskan jam dan waktu tidur anda dengan baik.

4. Hindari Asupan Alkohol, Kafein, dan Nikotin
Jika bisa, sebaiknya hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, atau minuman yang mengandung alkohol, serta sebisa mungking jauhi asupan nikotin seperti yang terkandung dalam rokok. Semua itu dapat menyebabkan anda terbangun pada waktu tengah malam.

5. Hindari Tidur Siang Anda
Tidur siang juga dapat menyebabkan anda susah tidur di malam hari. Jadi sebisa mungkin hindari untuk tidur disiang hari. Namun jika anda termasuk tipe orang yang memerlukan tidur siang, maka anda harus mengurangi durasi tidur anda menjadi kurang lebih 20 menit saja agar tidak mengganggu jadwal tidur anda.

6. Minum Susu Sebelum Tidur
Bagi sebagian orang mungkin cara ini terbilang aneh atau seperti lelucon saja. Tapi cara ini juga cukup efektif untuk mencegah insomnia. Dan untuk menambah lagi agar lebih baik, anda bisa menambahkan sedikit madu pada segelas susu hangat.

7. Lakukan Olahraga
Sedikit olahraga dapat menghilangkan stres anda. Jadi sebaiknya anda melakukan olahraga ringan yang dapat membuat tubuh anda menjadi segar dan mengurangi stres.

8. Pengobatan Herbal
Metode ini juga mampu mengatasi insomnia, anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi minuman atau obat-obatan herbal seperti minum teh herbal tanpa kandungan kafein, serta konsumsi suplemen herbal yang memiliki kandungan valerian.

9. Jauhi Alat Elektronik
Kebiasaan buruk seseorang adalah meletakkan perangkat elektronik seperti handphone dan laptop di dekat tubuh saat ingin tidur. Padahal cara ini sangat tidak dianjurkan karena dapat mempengaruhi siklus tidur anda. Misal saja saat ada pesan masuk, yang dapat mengakibatkan ponsel akan berdering dan mengganggu tidur anda.

10. Hindarilah Makan Sebelum Tidur
Makan sebelum tidur biasanya membut orang menjadi gemuk, serta mempengaruhi proses tidur, karena perut akan lebib aktif mengolah makanan yang masuk dalam tubuh. Sebisa mungkin anda hindari makan minimal 45 menit sebelum anda ingin tidur. Dan anda bisa minum 4 gelas air putih sebagai penggantinya.

Demikianlah sedikit ulasang tentang Apa dan Cara Mengatasi Insomnia. Anda dapat mencoba untuk menerapkan cara yang telah dibahas diatas untuk menghindari insomnia terjadi pada diri anda. Ingat! Sesuai kata pepatah, Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati. Terimakasih