Basmi Minyak Diwajah Dengan Cara Alami

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Wajah berminyak adalah salah satu masalah yang umum terjadi pada wajah kita. Namun pada dasarnya, minyak pada wajah tak selamanya masalah. Karena wajah juga memerlukan minyak sebagai pelembab alami agar kulit wajah tidak kering, dan juga dapat mencegah penuaan dini sehingga wajah akan terlihat terus awet muda.


Namun dampak negatif wajah berminyak sering dialami oleh kaum wanita, karena sering menggunakan make-up, sehingga make-up akan rusak dan terlihat tak karuan.

Penyebab Wajah Berminyak

Wajah yang memiliki minyak berlebihan dapat menyebabkan debu dan kotoran menempel, sehingga menyumbat pori-pori wajah, dan menjadi penyebab timbulnya komedo dan jerawat. Maka dari itu kita harus mengetahui apa penyebab dari wajah berminyak, agar kita dapat meminimalkan terjadinya dampak negatif yang sudah kita bahas tadi.

1. Pola Tidur
Pola tidur juga termasuk penyebab terjadinya wajah berminyak. Akibat tidur terlalu malam atau sering begadang menyebabkan timbulnya minyak di wajah. Sebaiknya anda mengatur pola tidur anda dengan baik dan kurangi begadang. Agar kulit wajah tidak terlalu mengeluarkan minyak secara berlebihan.

2. Faktor Keturunan
Faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab terjadinya wajah berminyak. Ini merupakan faktor eksternal dan agak sulit untuk dihindari, namun tetap bisa dirawat untuk meminimalisir minyak berlebih.

3. Pola Makan
Wajah berminyak juga dapat disebabkan oleh pola makan. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung lemak dapat memicu produksi minyak yang ada alam tubuh. Oleh karena itu sebisa mungkin anda harus mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi.

4. Cuaca Panas
Cuaca yang panas akan membuat tubuh sering berkeringat. Seiring dengan keluarnya keringat dari tubuh, termasuk wajah juga akan memproduksi minyak.

5. Kesalahan Perawatan
Kesalahan dalam perawatan wajah biasanya disebabkan produk kecantikan yang salah. Bagi kaum wanita, sebaiknya pandai dalam memilih sebuah produk kecantikan. Karena jika salah dalam pemilihan dan juga cara pemakaian yang buruk, dapat menyebabkan wajah berminyak.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Setelah kita membahas penyebab terjadinya wajah berminyak. Kini kita akan beralih membahas solusi dan cara mengatasi wajah yang berminyak. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi minyak di wajah, seperti berikut ini :

1. Buah Tomat
Salah satu manfaat dari buah tomat adalah untuk kecantikan. Dan juga dapat digunakan untuk mengatasi wajah berminyak secara alami. Kandungan vitamin C dapat menyeimbangkan kadar pH pada kulit.
Cara Penggunaan :
1. Sediakan 1 buah tomat segar
2. Rebus buah tomat selama 2 - 3 menit
3. Haluskan buah tomat dan tambahkan sedikit madu
4. Gunakan untuk masker selama kurang lebih 10 - 15 menit
5. Kemudian bersihkan dengan air hangat

2. Susu
Susu kaya akan isoflavon, protein, vitamin E dan AHA yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat terkena sinar matahari. Juga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah serta dapat mengencangkan kulit wajah.
Cara Penggunaan :
1. Siapkan susu plain secukupnya
2. Oleskan sebagai masker ke wajah
3. Diamkan kurang lebih selama 10 - 15 menit
4. Bilas dengan air hangat hingga bersih

3. Madu Murni
Madu adalah solusi alami untuk anda yang memiliki wajah berminyak. Madu memiliki sifat antiseptik, anti bakteri, pelembab dan mengurangi iritasi serta menyehatkan kulit.
Cara Penggunaan :
1. Cuci wajah anda terlebih dahulu menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka
2. Siapkan madu murni secukupnya
3. Oleskan pada wajah dengan tipis
4. Gosok-gosok seperti sedang menggunakan sabun pembersih wajah
5. Lalu cuci wajah dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali

4. Yogurt
Yogurt memiliki asam laktat yang mampu meregenerasi sel kulit mati dan juga mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah.
Cara Penggunaan :
1. Siapkan 1 sendok yogurt
2. Tambahkan sedikit air jeruk nipis
3. Oleskan pada permukaan wajah anda
4. Diamkan selama 10 - 15 menit
5. Basuh wajah hingga bersih dan keringkan

5. Pisang
Pisang memiliki kandungan vitamin A, B dan E dan mampu mengurangi keriput pada kulit wajah sehingga terhindar dari penuaan dini. Buah pisang juga dapat mengurangi minyak yang berlebihan pada wajah.
Cara Penggunaan :
1. Tumbuk buah pisang hingga halus
2. Berikan sedikit tambahan madu
3. Balurkan sebagai masker wajah
4. Biarkan selama 15 menit
5. Cuci wajah hingga bersih

6. Jeruk Nipis
Jeruk nipis banyak mengandung asam folat dan juga vitamin C yang berkhasiat untuk mencerahkan wajah sekaligus mengurangi minyak berlebih agar wajah terbebas dari jerawat. Cara ini tidak disarankan untuk anda yang memiliki kulit wajah sensitif karena dapat mengakibatkan iritasi dan perih pada wajah.
Cara Penggunaan :
1. Siapkan 1 buah jeruk nipis
2. Belah menjadi 2 bagian lalu peras airnya
3. Oleskan sedikit saja pada kapas lalu gosokkan ke wajah dengan perlahan
4. Diamkan 1 menit saja lalu bilas dengan air hangat

7. Putih Telur
Sebagian orang mungkin menganggap ini aneh. Namun putih telur sangat efektif untuk mengatasi wajah berminyak. Putih telur mampu membuat wajah lebih kencang, lebih halus, bersinar serta menghilangkan komedo pada wajah.
Cara Penggunaan :
1. Sediakan 1 butir telur ayam kampung
2. Pisahkan putih telur dari kuning telurnya
3. Kocok putih telur hingga agak berbusa
4. Oleskan sebagai masker pada wajah
5. Diamkan selama 20 - 25 menit
6. Bilas dengan air hangat hingga bersih

Itulah sedikit informasi mengenai kulit wajah berminyak dan cara mengatasinya secara alami. Anda bisa mencoba solusi diatas untuk merawat kulit wajah anda.