Jenis Buah Yang Mengandung Serat

Jenis Buah Yang Banyak Mengandung Serat


Apa Itu Serat?
Serat merupakan sebuah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna secara langsung oleh tubuh, namun serat akan melewati tubuh tanpa proses pemecahan. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan setidaknya 20 sampai 30 gram serat per hari untuk menjaga kesehatan mereka.


Serat bisa didapatkan dari sumber buah, sayur, jenis kacang, biji-bijian dan beberapa umbi. Jenis serat sendiri terdiri dari dua jenis yaitu serat larut dan serat tidak larut.

Serat Larut
Serat larut merupakan jenis serat yang mampu larut dalam air. Saat berada dalam tubuh, serat larut akan menarik air sehingga terbentuklah sebuah gel yang mampu membuat pencernaan menjadi lambat. Serat larut amat bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes serta mampu menurunkan kolesterol serta akan membuat tubuh kita kenyang lebih lama. Beberapa contoh makanan yang memiliki serat larut adalah kacang-kacangan serta buah apel.

Serat Tidak Larut
Jenis serat yang kedua adalah serat tidak larut, yaitu jenis serat yang tidak akan larut dalam air, serat jenis ini memiliki manfaat untuk membawa makanan melalui proses pencernaan tubuh, sehingga mampu mencegah sembelit. Contoh makanan yang mengandung serat tidak larut adalah wortel dan buah tomat.

Manfaat Serat Bagi Tubuh :


Mencegah Penyakit Diabetes
Diabetes merupakan sebuah jenis penyakit yang bisa dicegah atau di minimalisir dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Sebuah kandungan serat tinggi dalam sebuah makanan yang kita konsumsi dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dan pada akhirnya akan membantu mengurangi risiko tekena diabetes.

Mengontrol Berat Badan
Seseorang yang sedang menjalani program diet biasanya akan mengkonsumsi makanan berserat. Fungsi dari serat memang banyak, salah satunya adalah seperti yang kita sebutkan diatas tadi yaitu mampu mencegah sembelit yang menyebabkan perut menjadi buncit.

Mencegah Kanker
Menurut penelitian, makanan yang memiliki kandungan serat dapat mencegah terjadinya penyakit kanker karena dapat memperlancar makanan saat melalui pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dapat mencegah kanker dengan jenis seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker usus besar.

Menurunkan Kolestrol
Selain dapat mencegah penyakit kanker, kandungan serat juga dipercaya dapat menurunkan kolestrol. Karena kolestrol merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Buah-buahan Yang Mengandung Serat


1. Buah Pisang
Pisang merupakan jenis buah-buahan yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah pisang juga memiliki kadungan serat yang baik bagi tubuh seperti yang sudah dijelaskan diatas. Namun bagi orang yang sedang melakukan diet, buah pisang tak begitu diminati karena memiliki kandungan kalori yang tinggi.

2. Buah Apel
Siapa yang yang kenal dengan buah yang satu ini. Buah apel merupakan buah baik ditambahkan dalam menu makanan sehat setiap hari. Karena buah apel memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Saat ingin mengkonsumsi buah apel, maka disarankan konsumsilah buah apel dengan kulitnya, untuk memperoleh manfaat yang lebih.

3. Buah Pepaya
Buah pepaya merupakan buah yang baik untuk memperlancar proses buang air besar. Itu karena buah pepaya memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Bagi kalian yang sedang diet, maka disarankan untuk mengkonsumsi buah pepaya karena selain memiliki kandungan serat, buah pepaya juga kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh.

4. Buah Alpukat
Buah alpukat memang buah yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan bahkan sebagai bahan pembuatan kosmetik. Buah alpukat mengandung serat tinggi yang tentu baik bagi kesehatan tubuh. Namun sering dianggap tidak baik bagi pelaku diet karena mengandung banyak lemak, tapi sebenarnya kandungan lemak pada buah alpukat adalah jenis lemak yang baik bagi tubuh.

5. Buah Mangga
Sama halnya dengan buah pepaya. Buah mangga juga sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Mangga memiliki rasa yang manis serta banyak manfaat bagi tubuh. Kebanyakan orang menggunakan buah mangga sebagai pencahar karena banyak mengandung air. Mangga juga memiliki sekitar 20 jenis vitamin yang berbeda serta memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Itulah tadi informasi mengenai jenis buah yang banyak mengandung serat versi DokterHits.