Langkah Mudah Mencegah Terkena Penyakit Usus Buntu

Cara Mencegah Terkena Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah penyakit pada bagian saluran cerna yang terbilang berbahaya. Usus buntu terletak di bagian kanan perut, sehingga apabila anda merasakan rasa nyeri pada perut bagian kanan bawah, itu bisa jadi anda menderita usus buntu.


Operasi untuk pengangkatan usus buntu tidak mempengaruhi kondisi kesehatan. Namun, penyakit usus buntu berpotensi membuat komplikasi yang serius. Nah, berikut ini sejumlah cara yang dapat anda lakukan untuk menangkal usus buntu. 
  • Konsumsi makanan berserat
Makanan yang tinggi serat ialah makanan yang dapat dikonsumsi untuk menangkal usus buntu. Alasannya, radang yang terdapat di usus buntu tidak sedikit disebabkan oleh penumpukan feses. Bisa disebutkan bahwa orang yang terpapar sembelit mempunyai risiko untuk terpapar radang usus buntu.

Oleh karena itu, orang yang sering sembelit sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi serat seperti agar-agar, sayur, dan buah. Serat baik untuk pencernaan anda sebab akan melunakkan feses sehingga buang air besar menjadi lancar. Feses yang keras dapat menyumbat usus,khususnya usus buntu.
  • Vitamin A dan D
Di samping serat, konsumsi vitamin A dan D juga dipercayai adalah salah satu teknik mencegah radang usus buntu vitamin A menolong sel darah putih melawan infeksi, sedangkan vitamin D melawan bakteri dan infeksi pada tingkatan yang lebih tinggi. Dua vitamin ini wajib ada dalam asupan makanan jika anda hendak mencegah radang usus buntu. 
  • Jangan tunda buang air besar
Menahan BAB barangkali terdengar sepele, tetapi faktanya orang yang suka menunda BAB dapat lebih mungkin merasakan sembelit. Kondisi sembelit dampak kerasnya feses berpotensi mengakibatkan usus buntu. Agar dapat menangkal radang usus buntu, segeralah buang air besar saat desakan itu tiba.
  • Batasi asupan kafein dan alkohol
Kafein dan alkohol ialah dua zat yang dapat mengakibatkan sembelit, yang menjadi cikal bakal dari radang usus buntu pada kemudian hari. Mulai hari ini, kurangilah konsumsi minuman ataupun makanan yang berisi kafein, seperti kopi, teh, serta minuman beralkohol.
  • Banyak mengonsumsi air putih
Cara termudah untuk menangkal usus buntu ialah dengan mencukupi keperluan air putih. Air putih dapat melancarkan pencernaan dan menangkal sembelit. Feses yang keras dapat dilunakkan dengan cairan yang terdapat di dalam tubuh.

Mereka yang tidak cukup konsumsi cairan, tubuhnya bakal rentan untuk terpapar sembelit serta radang usus buntu. Seseorang yang duduk selama berjam-jam di depan komputer juga dapat rentan sembelit sehingga diharuskan untuk mengonsumsi 8 gelas air per harinya.

Itulah sedikit informasi mengenai cara mecegah terkena penyakit usus buntu. Jika penyakit usus buntu tidak segera anda diobati, hal ini dapat menyebabkan pecahnya usus buntu. Segera konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.