Inilah Manfaat Lain Pernikahan Bagi Kesehatan

Manfaat Menikah Bagi Kesehatan

Menikah akan membuatmu harus berbagi serta menguras sebagian besar masa-masa dengan pasangan. Dengan ikatan yang intens semacam ini, pasti wajar bila pernikahan berkaitan erat dengan kesehatan.


Yuk, cari tahu apa saja guna menikah untuk kesehatan kita.
Ada berbagai sebab mengapa orang menyimpulkan untuk menikah, mulai dari cinta, budaya, agama, bahkan ekonomi. Terlepas dari sekian banyak tujuan menikah, beberapa studi ilmiah telah menyimpulkan bahwa pernikahan dapat membawa akibat positif untuk kesehatan, seperti membuatmu lebih bahagia dan panjang umur.

Manfaat Menikah untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Berikut ialah beberapa manfaat menikah yang dipercayai dapat anda peroleh:

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Menikah dipercayai dapat mengawal kesehatan jantung dan menurunkan risiko merasakan serangan jantung dan stroke. Tak hanya itu saja, menikah pun mengurangi risiko seseorang menderita sekian banyak kondisi, seperti kolesterol tinggi, hipertensi, serta kelebihan berat badan.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Orang yang menikah dipercayai lebih jarang dirawat di rumah sakit ataupun menderita sakit parah, termasuk kanker. Risiko merasakan penyakit kanker juga disebutkan lebih kecil pada orang yang menikah. Namun sebab jenis dan penyebab kanker lumayan beragam, maka dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk pernyataan ini.

3.Meminimalkan Terjadinya Depresi

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menikah mempunyai risiko lebih kecil merasakan depresi dan gangguan mental lain, dibanding mereka yang tidak menikah. Meski begitu, berpisah atau merasakan perceraian sesudah menikah malah dapat menambah risiko ini.

Orang yang bercerai pun disebut lebih mungkin menjadi seorang pengisap rokok dan sering minum-minuman beralkohol.

4. Alasan di Balik Manfaat Menikah untuk Kesehatan

Alasan di balik manfaat menikah untuk kesehatan sebetulnya masih dalam polemik dan perlu dianalisis lebih lanjut, namun sejumlah kemungkinan berikut bisa menjadi alasannya:

5.Sudah Sehat Sebelum Menikah

Orang yang telah sehat dan mempunyai pola hidup sehat sebelum menikah, barangkali akan menjaga pola hidup sehatnya. Dengan alasan ini, pasti wajar bila sesudah menikah, mereka masih sehat, kan?

6. Berperilaku Baik Serta Merealisasikan Gaya Hidup Sehat

Orang yang menikah mempunyai tanggung jawab untuk anggota keluarganya sehingga dapat mendorong seseorang untuk mempunyai gaya hidup lebih sehat dan berperilaku lebih baik, seperti berhenti mengisap rokok dan lebih rutin mengerjakan pemeriksaan kesehatan.

Di samping itu, andai Anda dan pasangan sama-sama bekerja,situasi ekonomi sesudah menikah seringkali juga membaik berkat penggabungan penghasilan. Kondisi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat, lingkungan hidup lebih baik, dan lebih gampang mengakses fasilitas kesehatan.

7. Mudah Terkoneksi Secara Emosional Maupun Sosial

Secara tidak langsung, menikah bisa membuat anda mempunyai teman yang akan selalu ada. Hal ini bakal membuatmu tidak kesepian, terhindar dari isolasi sosial, dan menjadi lebih bahagia sekaligus lebih sehat.

Meski menikah memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Orang yang tidak bahagia dengan pernikahannya lebih berisiko merasa stres. Selanjutnya, stres yang berkepanjangan bisa memicu sekian banyakpenyakit baik secara fisik, maupun mental.

Ada sekian banyak manfaat yang dapat didapatkan dari pernikahan yang bahagia. Jika selama menikah anda mengalami masalah, janganlah segan untum meminta pertolongan keluarga, rekan atau konseling dengan psikolog untuk penyelesaian yang terbaik.