Jenis Makanan Yang Menyebabkan Jerawat

Makanan Yang Menjadi Penyebab Timbulnya Jerawat

Makanan-makanan penyebab jerawat umumnya ialah makanan yang dapat menambah gula darah yang lantas dapat merangsang meningkatnya insulin. Dengan bertambahnya tingkatan insulin di dalam tubuh, maka proses produksi minyak di kulit dapat meningkat, sampai-sampai lebih rentan mengakibatkan jerawat.


Lalu apa saja makanan-makanan yang berhubungan dengan penyebab jerawat dan apa tahapan yang sehat guna menghindarinya?

Jerawat ialah penyakit kulit yang biasa muncul di dekat wajah, dada, atau punggung. Tingkatannya dapat bervariasi, mulai dari yang ringan seperti komedo sampai tingkatan yang lebih parah berupa bintik-bintik yang mengandung kista dan nanah.

Pada umumnya, jerawat diakibatkan oleh evoluso kadar hormon, namun adapun sebagian makanan yang dapat mengakibatkan jerawat lebih gampang muncul. Berikut ini merupakan empat makanan yang usahakan kita hindari demi menghindari munculnya jerawat.


1. Kripik kentang

Kripik kentang ternyata mempunyai indeks glikemik tinggi yang dapat merangsang meningkatnya insulin dan glukosa dalam tubuh. Di samping kripik kentang, kentang goreng, dan roti juga mempunyai indeks glikemik yang tinggi yang harus usahakan kita hindari.


2. Kue dan soda

Makanan yang tinggi gula, misalkan kue manis, soda, dan jus buah yang dicampurkan dengan susu dan gula dapat memunculkan jerawat. Hal ini disebabkan kandungan glukosa yang lumayan tinggi dapat merangsang insulin dan mengakibatkan jerawat.


3. Makanan olahan susu

Susu, keju, dan makanan olahan susu sapi lainnya, walau kaya dengan kandungan kalsium, ternyata dapat mengakibatkan jerawat apabila dikonsumsi secara berlebihan. Hormon yang ada di dalamnya dapat mengakibatkan kelenjar minyak terus berkembang dan menjadi pemicu munculnya jerawat.

4. Makanan berminyak

Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti makanan cepat saji dapat menambah risiko anda terkena jerawat. Sejauh ini tidak sedikit yang memandang makanan pedas sebagai biang kerok jerawat, tetapi satu penelitian mengindikasikan bahwa makanan pedas tidak dominan pada jerawat. Justru makanan yang tinggi lemak dan garam yang dominan pada timbulnya jerawat.

Di samping makanan di atas, tidak sedikit hal lainnya yang dapat mengakibatkan jerawat. Contohnya dampak mengonsumsi obat-obatan tertentu, hormon tubuh, serta stres

Cara Mudah Untuk Menghindari Jerawat
Di samping mitos tentang makanan yang menjadi penyebab jerawat, seperti kacang, mitos mengenai cara supaya terhindar dari jerawat juga tidak sedikit beredar. Lalu, seperti apakah sebenarnya teknik tepat menghindari dan meminimalisir jerawat?


  • Mulai dari makanan.

Ya, Anda wajib memulainya dari makan makanan yang pastinya sehat. Hal ini diakibatkan kandungan yang ada dalam makanan bisa memengaruhi tubuh kita. Agar kita terhindar dari jerawat, tidak ada salahnya mengawali pola makan yang sehat. Jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi supaya terhindar dari jerawat, salah satunya ialah kacang.

Meski tidak jarang disebut sebagai penyebab jerawat, ternyata makan kacang yang kaya dengan asam lemak omega-3 dapat meminimalisir inflamasidi dekat kelenjar minyak. Di samping kacang, ikan pun baik untuk Anda konsumsi supaya terhindar dari jerawat.


  • Pola hidup sehat.

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika pola hidup sehat bisa memengaruhi kesehatan organ tubuh kita. Begitu pun dengan jerawat. Tidur secukupnya tidak terlalu larut malam serta olah raga yang teratur pun dapat menolong berkurangnya jerawat. Jika Anda sering tidur larut malam, mulailah untuk istirahat lebih awal.

Karena apabila Anda tidak cukup tidur, tiap jamnya bisa memengaruhi penambahan stres sebanyak nyaris 15 persen. Meningkatnya stres dapat merangsang glukokorticoid, hingga dapat merusak struktur dan fungsi pada kulit. Selain istirahat yang lumayan dan teratur, Anda juga disarankan untuk melakukan olahraga sebab olahraga dapat mengurangi stres.


  • Menjaga kebersihan kulit.
Jika Anda hendak terhindar dari jerawat, pastinya perlu mengawal kesehatan kulit. Caranya ialah dengan membasuh wajah sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam. Hal ini penting untuk dilakukan karena kotoran, keringat, dan kosmetik dari kegiatan seharian menempel di wajah kita dan dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori yang mengakibatkan jerawat.

Kulit yang sehat dan terjaga tidak hanya sekedar memengaruhi kesehatan organ dalam tubuh, tapi juga penampilan Anda. Agar terhindar dari jerawat, kita perlu menjaga pola hidup sehat dan memberi batas konsumsi jenis-jenis makanan penyebab jerawat.

Di samping itu, tidak boleh lupa untuk minum air putih yang cukup, minimal delapan gelas sehari, supaya kulit kita terhidrasi dengan baik dan tubuh Anda juga tetap sehat.