Satu Tahun Milestone: Jangan Lewatkan Kesempatan

Satu Tahun Milestone: Jangan Lewatkan kesempatan


Sekarang setelah Anda menyambut bayi Anda ke dunia, bab baru yang menarik dimulai. Di tengah rutinitas baru dan tugas sepanjang waktu adalah imbalan menjadi orang tua baru, termasuk kelucuan yang tak ada habisnya dan pengalaman pertama yang mendebarkan dari perkembangan luar biasa bayi Anda.

Jadi kapan Anda harus mengharapkan senyum pertama itu? Kata pertama itu? Langkah pertama itu?

Berikut adalah sepuluh tonggak paling ditunggu-tunggu, dan kapan harus mengharapkannya, selama tahun pertama bayi Anda. Ingat, bagaimanapun, bahwa ini adalah pedoman umum. Semua bayi berkembang dengan laju yang berbeda, jadi jangan khawatir atau kecewa jika si kecil tidak tepat sasaran pada waktunya. Seperti biasa, tanyakan kepada dokter anak Anda jika Anda memiliki masalah, dan yang terpenting, nikmati yang pertama ini.

0 SAMPAI 3 BULAN

Sementara makanan dan tidur adalah fokus utama untuk bayi baru Anda selama tiga bulan pertama, ada beberapa penanda yang harus diperhatikan saat si kecil mempersiapkan dirinya untuk hidup, secara fisik, vokal, dan sosial.

1. Angkat Kepala

Waktu yang diawasi pada perutnya membantu bayi Anda mengembangkan otot leher, dada, dan lengan yang akan membantunya bergerak dan mengangkat kepalanya untuk melihat-lihat. Pengangkatan singkat kepala pertama akan terjadi pada bulan pertama. Saat bayi Anda berlatih mendorong, pertama pada sikunya, lalu pada lengannya, otot-otot tubuh bagian atasnya menguat, dan segera ia akan dapat mengangkat kepalanya lebih mantap dan untuk jangka waktu yang lebih lama. Set otot yang sama ini nantinya akan membantunya dalam pencapaian satu tahun lainnya, seperti meraih, duduk, dan merangkak.1

2. Coos

Menangis dan menggerutu tanpa disengaja, bersin, dan batuk akan menjadi medley yang mengisi beberapa minggu pertama bayi Anda. Segera, suara-suara ini akan bergeser ke gemericik, menjerit, mendesah, dan berbisik yang lebih disengaja ketika ia mulai membentuk suara vokal. Berbicara kembali kepadanya akan mendorong vokalisasi ini saat ia mengembangkan katalog suara yang akan mengarah pada kata pertamanya.2

3. Senyum

Walaupun Anda mungkin melihat sekilas senyuman sejak dini, ini bukan senyum sosial dan tidak disebabkan oleh gas (persepsi keliru yang umum), bayi Anda hanya melatih otot-otot wajahnya.3 Senyum yang disengaja pertama akan muncul sekitar dua bulan. Sekitar tiga bulan, buatlah wajah atau suara konyol, dan Anda cenderung mengubah senyum itu menjadi tawa pertama bayi Anda!

4 SAMPAI 6 BULAN

Empat bulan menandai awal dari beberapa perkembangan penting untuk bayi Anda. Belum cukup bergerak, dia lebih sadar akan lingkungannya, dan bereaksi terhadap dan berinteraksi dengan mereka ─ dan denganmu.

4. Berguling

Berkat latihan waktu perutnya, pada bulan keempat bayi Anda memegang kepalanya lebih mantap dan bisa "duduk" ketika disandarkan oleh bantal. Dia juga mendorong kakinya ke bawah ketika Anda memegangnya dalam posisi berdiri. Perhatikan salah satu prestasi terbesarnya selama empat bulan ─ pergulatan dari perut ke punggung. Yang pertama mungkin merupakan roll yang tidak disengaja dari salah satu "push-up" nya, tetapi segera berguling akan menjadi aksi favorit. Butuh satu atau dua bulan lagi baginya untuk berguling dari punggung ke perutnya.

5. Tidur Melalui Malam

Kebutuhan bayi Anda akan makanan mendorong pola tidur / bangunnya. Sebagai bayi yang baru lahir, dia perlu sering makan. (Bayi yang baru lahir yang disusui perlu menyusui setidaknya delapan sampai dua belas kali setiap 24 jam ─ setiap 2-3 jam.) 4 Saat bayi Anda tumbuh, ia akan dapat memegang lebih banyak makanan di perutnya, memungkinkannya untuk waktu yang lebih lama. waktu antara menyusui. Siklus tidurnya yang lebih lama pada akhirnya akan disinkronkan dengan siklus Anda dan, mulai sekitar tanda enam bulan, Anda berdua akan mulai tidur sepanjang malam, meskipun ia mungkin masih membutuhkan makan malam.


6. Capai dan Ambil

Sebagai bayi yang baru lahir, bayi Anda biasanya membiarkan jari-jarinya melingkar menjadi kepalan kecil.5 Setelah beberapa bulan, ia mulai menggunakan jari-jari tangan dan kakinya untuk berinteraksi dengan benda-benda di sekitarnya dan menjelajahi berbagai tekstur dan bentuk. Pada empat bulan, ia menemukan bahwa ia dapat mendekatkan benda-benda menarik dengan meraih dan menggenggamnya. Tempatkan dia di atas tikar bermain atau gym aktivitas dengan banyak mainan menarik di atas dan sekitarnya untuk mendorongnya berlatih menjangkau dan meraih.

7 SAMPAI 12 BULAN

Bayi Anda akan segera bergerak, jadi bersiaplah untuk latihan serius! Interaksi dengan orang lain juga meningkat ketika ia semakin menyempurnakan komunikasi dan keterampilan sosialnya.

7. Merayap

Apakah bayi Anda merayap, berlari, atau meluncur, merangkak menandai awal mobilisasi untuk si kecil Anda dan membantunya menemukan lebih banyak dunia di sekitarnya. Waktu bervariasi: beberapa bayi merangkak sedini enam atau tujuh bulan, yang lain tidak sampai sembilan bulan, dan yang lain melewatkan merangkak sama sekali. Perayap awal tidak harus berarti pejalan kaki awal. Faktanya, bayi-bayi yang melewatkan merangkak sering berpindah ke berjalan lebih awal dari pada perayap yang cenderung cukup puas untuk bepergian dengan merangkak.

8. Berdiri

Sejak tujuh bulan kemudian, bayi Anda akan mulai memperkuat otot-otot kakinya, menggunakan kemampuan meraih dan menggenggam yang baru-baru ini ia peroleh untuk menarik dirinya untuk berdiri ─ dan menggunakan segala sesuatu dari tubuh Anda hingga perabot untuk melakukannya. Berdiri adalah prekursor menuju jelajah (berjalan menyamping sambil memegang sofa atau benda lain) dan berjalan, jadi bersiap-siaplah! Untuk menghilangkan mitos yang umum, mendorong bayi Anda untuk berdiri dan berdiri tidak akan membuatnya lemas

9. Gelombang dan Poin

Komunikasi bersifat verbal dan nonverbal. Ketika hubungan antara gerakan (kemungkinan gelombang) dan makna ("hai" atau "selamat tinggal") klik untuk bayi Anda sekitar sembilan bulan, itu adalah tonggak sejarah yang besar! Menunjuk benda-benda dimulai sekitar 12 bulan dan menandai tonggak perkembangan besar lain yang oleh para ahli disebut “perhatian bersama.” Bayi Anda akan menunjuk untuk menunjukkan kepada Anda sesuatu yang ia lihat, juga ingin Anda melihatnya.

10. Kata-Kata Pertama

Penelitian Universitas Washington menunjukkan bahwa suara ucapan merangsang otak bayi, membantu mempelajari cara membentuk kata-kata bahkan sebelum mereka mulai berbicara.9 Informasi ini memperkuat pentingnya berbicara dan membaca kepada bayi Anda. Bayi Anda akan memahami namanya sendiri dan kata-kata untuk beberapa benda yang sudah dikenal sekitar enam bulan. Seperti halnya tonggak sejarah lainnya, batas waktu untuk mengucapkan kata pertama yang dapat dikenali berkisar luas dan dapat terjadi di mana saja dari tujuh hingga 18 bulan.

Informasi yang termasuk dalam artikel ini dan di situs ini hanya untuk tujuan pendidikan. Ini tidak dimaksudkan atau tersirat untuk menjadi pengganti saran medis profesional. Anda harus selalu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menentukan kesesuaian informasi untuk situasi Anda sendiri.

0 Response to "Satu Tahun Milestone: Jangan Lewatkan Kesempatan"

Posting Komentar